Cara Membuat Makalah di Microsoft Word dengan mudah dan praktis

Cara Membuat Makalah di Microsoft Word dengan mudah dan praktis


Assalamu'alaikum wr. wb
Hallo teman-teman semua apa kabar? masih dalam kondisi sehat kan? hehehe
artikel kali ini adit akan membahas tentang "Cara Membuat Makalah di Microsoft Word dengan mudah dan praktis". Semoga artikel yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aminn ya robbal alamin.

Oke langsung saja kita mulai tutorial nya ;)

Sebelum kita memasuki bagian-bagian inti dari tutorial ini, sebaiknya kita kenali lebih jauh apa sih Microsoft Word itu. Microsoft word adalah salah satu software yang paling banyak digunakan dalam perkantoran, hampir semua orang yang menggunakan windows pasti bisa menggunakan Microsoft word ini. tapi hanya sedikit yang mengetahui cara membuat makalah bisa tertata rapih dengan otomatis.

Kebanyakan orang-orang lebih seneng mengatur tulisan di microsoft word ini dengan cara manual, bahkan untuk pengaturan-pengaturan yang selalu berulang-ulang. Contohnya penulisan judul pada sebuah bab dan daftar isi. Padahal hal-hal seperti itu bisa dilakukan dengan secara otomatis. Maksud dari itu hanya sekali pengaturan semuanya akan mengikuti pola yang sudah di atur sebelumnya (menggunakan style).

Hal ini sangat besar sekali manfaatnya untuk teman-teman semua. Selain kerja kita lebih cepat. Pengaturan pada setiap judul akan sama dan seragam dan kita bisa dengan mudah menavigasikannya, begitu juga pengaturan-pengaturan yang lainnya. Selain itu banyak sekali kegunaan lainnya yang bisa teman-teman dapatkan ketika menggunakan trik "Cara Membuat Makalah di Microsoft Word dengan mudah dan praktis" ini.

Okee, dan ini lah langkah-langkah nya :

Setting Page Layout-nya terlebih dahulu

Sebelum teman-teman mulai mengetik makalah yg kita buat, biasakanlah mengatur terlebih dahulu page layout document. Hal ini sangat penting mengingat makalah yang akan teman-teman buat hasilnya akan di print out. Pengaturan page layout ini meliputi :
- Pemilihan kertas yang akan digunakan untuk di printout
- Posisi kertas
- Jarak margin dan lain sebagainya
Adapun caranya teman-teman tinggal pilih menu page layout kemudain silahkan atur sesuai kebutuhan.
                                       *disini Adit menggunakan Microsoft Word 2016

Keterangan dari gambar diatas :
Margins digunakan untuk mengatur jarak dari ujung kertas ke area teks atau tulisan. Jika teman-teman menginginkan ukuran dengan pengaturan sendiri, teman-teman bisa memilih costume margin, kemudian silahkan isi dengan jarak yang teman-teman inginkan. Top jarak dari atas, left jarak dari kiri, bottom jarak dari bawah dan right jarak dari kanan

Orientation digunakan untuk mengatur posisi kertas nya. Teman-teman bisa memilih landscape (poisisi kertas mendatar) atau portr­ait (posisi kertas berdiri), untuk sebuah makalah biasanya menggunakan posisi berdiri (portrait).
Size digunakan untuk memilih ukuran kertas yang akan sobat gunakan untuk membuat makalah. Biasanya menggunakan ukuran kertas A4

Columns digunakan untuk membuat kolom. Jika teman-teman hanya ingin membuat kolom pada beberapa bab saja, silahkan blok terlebih dahulu paragraph yang akan diberi kolom, sehingga pada paragraph lainnya tidak berpengaruh. Di sini teman-teman bisa membuat 2 kolom atau lebih.

Breaks ini bisa teman-teman manfaatkan untuk membuat penomoran halaman berbeda, seperti membuat nomor halaman romawi pada bagian cover,kata pengantar dan daftar isi makalah dan nomor biasa pada bab isi makalah.


Hyphenation digunakan untuk memutus kata yang tidak muat pada baris pertama, sehingga kata tersebut akan terputus dan kebaris berikutnya.

Setting Style

Cara yang kedua yang harus teman-teman lakukan untuk membuat makalah menjadi tertata rapi adalah setting styles nya. Ini dilakukan untuk membuat style pada document makalah maksud nya untuk membedakan yang mana judul dan yang mana isi dari judul tersebut, dengan cara memakai style ini manfaat nya bisa membuat makalah teman-teman tersusun rapi dan dapat dinavigasikan, jadi seluruh isi makalah menggunakan satu style yang sudah kita buat sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Pilih menu Home > klik kanan Style Normal > kemudian pilih Modify… pengaturan ini adalah untuk mengatur style normal pada document word



  • Setelah pengaturan modify style muncul, klik format kemudian atur format font dan paragraph nya sesuai keinginan dan kebutuhan teman-teman.


  • Setelah pengaturan style normal selesai, sekarang lakukan pula pada style heading 1 (pengaturan untuk bab), heading 2 (pengaturan untuk sub bab). Bedanya untuk pengaturan style heading 1 dan heading 2 ini, teman-teman cukup dengan mengklik Automatically update. Hal ini bertujuan untuk membuat semua bab dan sub bab yang telah teman-teman rubah style nya menjadi terperbaui semua (ter-update), ketika kita melakukan pengaturan pada judul dan sub judul, sehingga seluruh style heading akan sama sesuai pengaturan kita tadi

  • Oh iya, kalau ingin membuat Heading 1 untuk BAB 1 dan seterusnya agar menjadi otomatis bisa teman-teman ikuti langkah ini Klik pada menu Home -> Klik Multilevel List -> Klik Define new Multilevel List -> dan Pilih jenis nya pada number style of this level: -> Ubah tulisan depan menjadi BAB pada Enter Formatting for Number -> Klik Ok
  • Agar judul BAB nya berada diposisi tengah, teman-teman bisa melakukan dengan cara Klik pada menu Home -> Klik Multilevel List -> Klik Define new Multilevel List -> ubah isi pada Text Indent at: menjadi 0cm -> Klik More -> Ubah Follow Number With menjadi Nothing -> Klik OK

  • Hasilnya akan seperti ini

  • Teman-teman bisa meletakkan kata "Pendahuluan" dibawah "BAB I" dengan cara Tekan Shift + Enter . Hasilnya akan seperti ini


Cara membuat Daftar Isi otomatis

Daftar isi dalam sebuah buku adalah hal yang sangat penting, iya kan teman-teman? cobalah bayangin kalo misalnya sebuah skripsi yang memiliki ratusan lembar isi nya dan itu tidak ada daftar isinya? Pasti nya merepotkan kan? wkwk dan juga pastinya ditolak skripsi nya. Sebagai mana namanya, daftar isi ini berisikan  list atau daftar judul dalam sebuah buku. Akan tetapi terkadang kita merasa kesulitan membuat daftar isi dalam sebuah buku dengan menggunakan Microsoft Word ini. Selain kita harus teliti menyesuaikan judul dengan nomor halamannya, membuat titik-titik untuk daftar isi dalam sebuah buku atau makalah tidak kalah merepotkan.

Dalam kali ini kita nggak akan repot lagi kok membuat titik-titik nya secara manual, setelah menemukan trik mudah membut daftar isi otomatis di word ini, teman-teman tidak perlu lagi repot-repot melakukannya dengan cara manual. tidak perlu lagi naik turun untuk mengecek di halaman berapa judul BAB 1 dan seterusnya. Belum lagi jika ada pengeditan ulang yang membuat susunan halaman pada sebuah buku atau makalah berubah atau menjadi kacau, terpaksa teman-teman harus menyusun ulang daftar isi yang sudah teman-teman buat tadi. wahahaha.... memang merepotkan kalau membuat daftar isi secara manual. berbeda dengan cara membuat daftar isi secara otomatis, hanya beberapa langkah, daftar isi di buku atau makalah teman-teman sudah bisa langsung jadi. Selain itu hasilnya juga akan lebih sempurna dan memuaskan, karana memang sangat rapih sekali.

Bagi teman-teman yang sering membuat buku (buku cetak atau e-book) atau makalah, sudah seharusnya mengetahui trik praktis membuat daftar isi secara otomatis di word ini, karena dengan trik ini, pekerjaan teman-teman akan sangat terbantu. Sama seperti seorang blogger, harus tau cara membuat daftar isi otomatis di blog-nya, yang biasanya daftar isi ini sering di jadikan Sitemap pada sebuah blog.

Untuk lebih jelasnya lagi, teman-teman bisa lihat dan pahami langkah-langkah beserta gambar yang telah Adit sediakan bawah ini.

  • Buka document teman-teman yang akan diberi daftar isi otomatis

  • Silahkan teman-teman atur styles nya. Normal untuk tulisan normal,  Heading 1 untuk judul, Heading 2 untuk sub judul. Pengaturan ini sangat PENTING sekali. Karena nantinya, setiap kalimat yang di beri styles Heading 1 dan Heading 2 akan menjadi daftar isi. Pengaturan styles  ini ada di menu Home dan sesuai langkah-langkah sebelumnya tadi.
Misalnya. pada BAB 1 Tutorial microsoft word, Maka sobat block kata itu dan rubah style nya menjadi Heading 1. Nah di BAB 1 itu kan ada sub judulnya pastinya kan? Contoh: 1.1 Latar Belakang,block kata tersebut, kemudian pilih style Heading 2, begitu seterusnya. pastikan untuk yang bukan judul atau sub judul diberi style normal, supaya tidak ikut dalam daftar isi yang akan teman-teman buat.

  • Jika teman-teman sudah mengatur style masing-masing, Tempatkan kursor pada halaman yang akan di simpan daftar isi buku atau makalah. Misalnya, di Page 2 (Blank Page)

  • Klik Menu Reference -> Table of Content lalu pilih model daftar isi yang di inginkan. Untuk pengaturan lebih lanjut, teman-teman bisa melakukannya di insert table of content…

  • Silahkan edit kata “Content” menjadi “Daftar isi” cara menggantinya jadikan Daftar Isi itu menjadi Heading 1 agar nomor halaman daftar isi ini terdapat di bagian Daftar Isi teman-teman. Jika teman-teman melakukan pengeditan lagi pada isi buku sehingga nomor halamannya berubah, sobat hanya perlu klik update table…  Update page number only hanya untuk meng-update nomor halamannya saja, sedangkan Update entire table untuk meng-update secara keseluruhan. 



Sipp mantap dan mudahkan? :D itulah cara membuat daftar isi dengan otomatis, langkah-langkah untuk membuat makalah dengan mudah dan praktis nggak cukup sampai disini saja, kita masih lanjut ke tips berikutnya.


Cara membuat penomoran halaman secara otomatis

  • Buka document teman-teman yang akan diberikan penomoran halaman
  • Klik menu Insert -> Page Number lalu teman-teman boleh pilih mana model yang akan teman-teman buat. Kalau dicontoh gambar Adit memilih model bottom of page

  • Secara default urutan nomor adalah 1,2,3… . Untuk merubahnya teman-teman bisa melakukannya di menu Insert -> Page Number -> Format Page Numbers lalu silahkan atur format yang di kehendaki

                                                                                           

  • dan tadaaaaa, inilah hasil dari penomoran otomatis tadi :D

  • Oh iyaaa, jika teman-teman ingin memberikan nomor angka Romawi pada Pages Cover,Kata Pengantar,Daftar isi, tanpa merubah penomoran pages selanjutnya. Teman-teman bisa membagi Section Pages nya dengan cara Klik Layout -> Breaks -> Next Page (Pada Section Breaks). Hal ini berfungsi untuk membagi section antara Penomoran Romawi dan Penomoran Angka
  • Bila sudah diberikan Section Breaks, ia akan menimbulkan tulisan Footer/Header -Section 1- dan Footer/Header -Section 2- . Di Section 1 teman-teman bisa memberikan penomoran romawi dan untuk Section 2 teman-teman bisa memberikan penomoran angka. Biasanya Section 1 untuk penomoran romawi batas cover sampai daftar isi dan Section 2 untuk Bab 1 sampai Bab penutup.

  • Teman-teman  bisa merubah format penomoran nya dengan cara Klik Insert -> Page Number -> Format Page Number...-> Klik Number Format: -> dan pilih angka romawi atau sesuai kebutuhan teman-teman -> Klik Ok
  • Dan inilah hasil dari pembagian section penomoran tadi
  • Teman-teman bisa merubah awalan penomoran dengan cara Klik Insert -> Page Number -> Format Page Number...-> Klik Start at: ketik nomor 1 atau sesuai keinginan teman-teman (Pada Page Numbering)



Yeahhh, dan itulah Tutorial beserta Tips singkat tentang Cara Membuat Makalah di Microsoft Word dengan mudah dan praktis ala M.Dimas Aditya. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, jika ada kekurangan atau pertanyaan teman-teman bisa Komen di bawah.

Lebih dan kurangnya saya ucapkan terima kasih

Wassalamualaikum wr. wb.

Komentar

Posting Komentar